• Jl.Solo Km-9, Maguwoharjo, Yogyakarta
  • (0274) 489405 ext. 111
  • penyuluhan.bcjogja@gmail.com

ANTONOV DATANG LAGI KE YIA!

ANTONOV DATANG LAGI KE YIA!
Yogyakarta - Selasa, 23 Maret 2021, Antonov 124-100 landing di Yogyakarta International Airport (YIA) pukul 08.00 WIB. Pesawat kargo yang terbang dari Johor Baru Malaysia tersebut akan mengangkut 236 px automotive wiring harness dengan berat 45 ton. Ini adalah ekspor Kedua dengan "charter flight direct" dari Bandara YIA-Hanoi-Amerika. Nilai devisa ekspor mencapai USD 520.018,20 atau setara dengan 7,5 Miliar Rupiah.
Petugas Bea Cukai Jogja pun melayani dokumen ekspor, mengawasi pemasukannya ke sarana pengangkut, serta melakukan plane zoeking. Hengky Aritonang selaku Kepala Kantor Bejo mengatakan bahwa Bejo melakukan pelayanan yang optimal. Bejo juga berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terlibat, seperti Angkasa Pura, pihak agency, juga para eksportir.
Ada 3 (tiga) eksportir yang melakukan charter flight, antara lain Jatim Autocomp Indonesia, EDS Manufacturing Indonesia, dan PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia. Ketiganya adalah perusahaan yang mendapatkan fasilitas Kawasan Berikat dari Bea Cukai.
Ada beberapa perusahaan stakeholder yang terlibat dalam charter flight, yaitu PT Kurhanz Trans, PT Armada Tirta Trans, dan PT Putra Sukses Mulia. Ada pula PT Kokapura Avia yang bertindak selaku ground handling/agen pengangkut.
"Secara teknis dan fasilitas, YIA sangat memenuhi syarat untuk melayani pesawat charter flight, bahkan untuk pesawat kargo sebesar Antonov. Mari kita optimalkan ekspor melalui YIA," tambah Hengky Aritonang.