• Jl.Solo Km-9, Maguwoharjo, Yogyakarta
  • (0274) 489405 ext. 111
  • penyuluhan.bcjogja@gmail.com

Sosialisasi dan Identifikasi Pita Cukai Desain 2019

Sosialisasi dan Identifikasi Pita Cukai Desain 2019

Jogja, 13/03/2019. KPPBC TMP B Yogyakarta mengadakan Sosialisasi identifikasi Pita Cukai Desain Tahun 2019 yang diikuti oleh 26 Pengusaha yang terdiri dari pengusaha Tempat Penjualan Eceran Minuman Mengandung Etil Alkohol, Pengusaha Hasil Tembakau, dan Pengusaha Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya di Aula Kantor Lantai 2 Bea Cukai Jogja.
Desain Pita Cukai Hasil Tembakau, Minuman Mengandung Etil Alkohol, dan Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (Vape) tiap tahun berubah dengan tujuan agar tidak memungkinkan untuk dipalsukan. “Desain tiap tahun berubah, kami tidak ingin ada pemalsuan yang mirip aslinya, “ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Jogja, Sucipto dalam sambutan acara. Meskipun, menurut Sucipto, berdasarkan survey UGM, lebih banyak peredaran BKC polos atau tanpa pita cukai dibandingkan peredaran pita cukai palsu.
Materi sosialisasi disampaikan Agung Wahyuono, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai VI yang membawahi urusan BKC. Agung memaparkan arti penting pita cukai sebagai alat pelunasan pembayaran cukai dan juga sebagai alat pengawasan.
Identifikasi pita cukai terbagi menjadi dua sesi, yaitu informasi pita cukai dan cara identifikasi. Informasi pita cukai meliputi desain, warna, dan cara pelekatan khusus HPTL vape.
Dijelaskan oleh Agung, identifikasi pita cukai secara mudah dapat dilakukan dengan tiga cara, kasat mata, UV light, dan kaca pembesar. Pada prinsipnya, ketiga cara tadi hampir sama, fokusnya di kertas, hologram, dan cetakan.
Untuk kertas dilakukan pengecekan di warna dasar, serat kasat mata, dan tanda air/water mark. Hologram dengan mengamati warna dasar, image 3 dimensi, pola garis lengkung warna putih, dan efek dinamik. Untuk cetakan, pita cukai asli cetakannya terlihat jelas dan tajam. “Tidak mblobor, kalau bentuk titik ya terlihat titik, kalau lengkung, terlihat lengkung,” ujar Agung.
Dengan diselenggarakannya sosialisasi identifikasi desain pita cukai tahun 2019, diharapkan peserta dapat membedakan mana pita cukai yang asli dan palsu serta turut andil membantu Bea Cukai dalam upaya pengendalian peredaran produk barang kena cukai ilegal.