• Jl.Solo Km-9, Maguwoharjo, Yogyakarta
  • (0274) 489405 ext. 111
  • penyuluhan.bcjogja@gmail.com

Talkshow Radio Kota Perak

Talkshow Radio Kota Perak

Jogja, 19/03/2019. Bea Cukai Jogja melakukan talkshow di radio Kotaperak terkait Pembangunan Zona Integritas KPPBC TMP B Yogyakarta yang dicanangkan 27 Februari 2019. Acara berlangsung pukul 10.00 s.d. 11.00 WIB dipandu oleh penyiar handal, Mas Anang dengan narasumber dari Tim PLI Bea Cukai Jogja, yaitu Joko Santoso dan Riis Turyono
Joko memaparkan strategisnya peran Bea Cukai dalam mengawasi dan melayani ekspor impor, memungut bea/pajak, serta memfasilitasi perdagangan. “Bea Cukai sebagai penjaga perbatasan untuk mengawasi dan mencegah masuknya barang-barang yang dilarang atau perlu izin agar keadaan ekonomi terjaga, perdagangan dan industri membaik, barang-barang yang dilarang/berbahaya tidak masuk ke Indonesia,’ ujar Joko.
Acara berlangsung interaktif dibuktikan dengan banyaknya Pertanyaan yang masuk terkait izin ekspor bahan pangan skala kecil, ekspor barang melalui kantor pos atau jasa titipan, barang bawaan penumpang melalui bandara, khususnya minuman beralkohol, dan juga terkait restitusi pajak impor.
Apabila diperlukan penjelasan lebih detail, masyarakat juga dipersilahkan datang langsung ke Kantor Bea Cukai Jogja. “Jangan ragu untuk berinteraksi langsung dengan Petugas Bea Cukai Jogja, silahkan datang ke kantor, kami siap membantu masyarakat yang membutuhkan penjelasan,” papar Joko.
Mengakhiri talkshow, Joko menekankan pentingya integritas dalam menuntaskan amanat yang dibebankan oleh rakyat kepada Bea Cukai. Pimpinan dan jajaran Bea Cukai Jogja harus berintegritas, harus jujur, mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. “Memegang teguh integritas adalah suatu kewajiban bagi seluruh pimpinan dan jajaran Bea Cukai. Tanpa integritas, sistem hebat, prosedur tidak akan membuahkan hasil sempurna. Bahkan, ujungnya adalah kerugian, kerusakan, dan kehancuran masyarakat, “ katanya.
Dengan adanya talkshow ini, masyarakat diminta berpikir kritis dan berpartisipasi aktif dalam mendukung Bea Cukai dalam menjalankan tugas dan fungsi demi terciptanya Bea Cukai Yang Makin Baik.