• Jl.Solo Km-9, Maguwoharjo, Yogyakarta
  • (0274) 489405 ext. 111
  • penyuluhan.bcjogja@gmail.com

Mengenal Cukai Lebih Dekat, Bejo Sosialisasikan Cara Identifikasi Pita Cukai kepada Satpol PP Kota Jogja

Mengenal Cukai Lebih Dekat, Bejo Sosialisasikan Cara Identifikasi Pita Cukai kepada Satpol PP Kota Jogja
Yogyakarta – Upaya pemberantasan rokok illegal sangat terbantu dengan keterlibatan Satpol PP masing-masing daerah dalam melaksanakan pengumpulan informasi dan operasi pasar bersama. Untuk menyiapkan personil yang dapat berperan dalam kegiatan tersebut Bea Cukai Yogyakarta memberikan sosialisasi cukai kepada anggota Satpol PP Kota Yogyakarta pada Selasa (20/02). Kegiatan yang terselenggara dengan memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) ini diadakan di Ruang Rapat Setiyaki Kantor Satpol PP Kota Yogyakarta.
Bimo Adisaputro, Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama, yang menjadi narasumber pada sosialisasi ini membawakan materi bertajuk “Kenal Cukai Lebih Dekat”. Bertujuan untuk mengenalkan ketentuan cukai khususnya Cukai Hasil Tembakau. “Pada dasarnya setiap hasil tembakau yang keluar dari pabrik atau gudang importir harus telah dilekati pita cukai sebagai tanda pelunasan cukai,” terang Bimo dalam menjelaskan konsep pengawasan cukai hasil tembakau.
Para peserta sosialisasi dengan antusias menyimak materi tersebut dan terlibat aktif melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. “Teman saya pernah membeli rokok yang tidak dilekati pita cukai melalui online, apakah Bea Cukai sudah ada program untuk memberantas itu?” tanya salah satu peserta.
Lebih lanjut Bimo kemudian menjelaskan mengenai ciri-ciri rokok illegal yang harus diwaspadai oleh masyarakat. “Ada rokok tanpa dikenali pita cukai atau rokok polos, ada rokok dilekati pita cukai palsu, rokok dilekati pita cukai bekas, rokok dilekati pita cukai salah peruntukan jumlah maupun jenis, dan rokok dilekati pita cukai salah personalisasi.” Jelas Bimo.
Bimo juga mengenalkan desain pita cukai 2024 sekaligus menjelaskan cara mengidentifikasi pita cukai yang asli dan palsu. Peserta diberikan kesempatan untuk mempratekkan secara langsung cara identifikasi pita cukai dengan menggunakan alat sinar UV.